Mengenai Saya

Foto saya
Teknik Elektro STT Telkom Bandung Mengajar di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi, Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika tahun 2011, Penulis buku Betmen Fisika

Rabu, 27 Agustus 2014

RENUNGAN ELEKTROMAGNET

RENUNGAN ELEKTROMAGNET


Magnet.... tentu sudah familiar benda tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari. Benda lucu, menggemaskan, yang dapat menarik logam besi itu ternyata memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi dunia. Tahukah kalian jika listrik PLN yang mengalir ke setiap rumah juga merupakan jasa dari adanya magnet di bumi.

Allah menciptakan magnet menjadi analogi bagi kehidupan manusia, yang dengan fisik sama dengan besi biasa, tetapi mempunyai kekuatan yang luar biasa jika suatu besi mempunyai sifat magnet.

Sifat magnet tercipta pada besi akibat dari arah getaran elektron pita konduksi yang seragam, sehingga terjadi pengkutuban polarisasi pada besi, dengan sifat magnet yang mengumpul di setiap kutub (ujung besi tersebut. Jika digambarkan, arah seragam dari getaran partikel magnet dan partikel besi biasa tersebut, terlihat seolah-olah membentuk arah panah magnet elementer sebagai berikut :


Gerak elektron (arah getaran) pada baris konduksi lintasan elektron pada atom logam memiliki gerak yang acak. Jika gerak arah getaran elektron ini dibuat seragam, maka besi biasa dapat memiliki sifat magnet, yaitu mempunyai medan magnet dengan kekuatan terbesar di setiap kutubnya (ujung besi). Karenanya kita mengenal ada magnet alami (magnet yang sudah mempunyai sifat magnet ketka ditemukan di alam) dan magnet buatan (sifat magnet dibuat atau ditularkan dari magnet lain). 

Sifat magnet dapat ditularkan pada magnet lain dengan cara :
  1. menggosok-gosokkan magnet secara searah pada batang besi biasa
  2. menginduksi besi biasa dengan magnet, yaitu magnet ditempelkan pada besi dengan jangka waktu yang lama
  3. dengan metode elektromagnet, yaitu besi dililit dengan kawat dengan lilitan yang sangat banyak, kemudian kedua ujung kawat dihubungkan dengan baterai.
Semua cara diatas sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu agar arah dari getaran elektron di pita konduksi dari atom besi menjadi searah, dan terjadi pengkutuban di setiap ujung besi. Ketika elektron sudah bergerak rapi dan seragam, maka besi biasa bisa bersifat magnet. 

Sebenarnya kita harus mencontoh sifat magnet dalam keseharian kita, terutama dalam kelompok kerja. Ibaratkan setiap anggota kerja adalah gerak elektron. Jika kita selalu bergerak rapi dalam kelompok, mempunyai visi-misi yang jelas, sehingga semua bergerak dengan tujuan yang sama, mempunyai ritme keja yang sama, hidup teratur dan rapi, selalu tepat waktu..... maka akan timbul kekuatan yang sangat besar dalam diri dan kelompok kerja kita.

Dan juga sifat magnet dapat ditularkan, begitupun dengan sifat baik yang kita miliki, dapat ditularkan pada orang lain , menjadi penyemangat bagi rekan kita, agar menjadi lebih baik.

Semoga kita menjadi pribadi yang selalu bersemangat memperbaiki diri, saling nasihat menasihati dalam kebaikan. (RUD)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut