Mengenai Saya

Foto saya
Teknik Elektro STT Telkom Bandung Mengajar di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi, Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika tahun 2011, Penulis buku Betmen Fisika

Selasa, 26 Agustus 2014

PROBLEM SET MAGNET

PROBLEM SET MAGNET

1.       Gambarkan ARAH dan RUMUS dari medan magnet di sekitar kawat berarus pada gambar berikut !







2.       Tentukan besar medan magnet total yang terasa di pusat lingkaran !



3.       Dua kawat sejajar berjarak 6 cm masing-masing dialiri arus 24 A dan 16 A yang arahnya berlawanan. Tentukan jarak medan magnet NOL dari kawat 16 A !










4.       Tentukan besar medan magnet total di titik S !

 

















5.       Sebuah toroida mempunyai 500 lilitan dialiri arus sebesar i. Ternyata medan magnet di pusat lingkaran toroida yang berjari-jari 10 cm sebesar 2,5 x 10-4 Tesla. Maka besarnya i adalah ......






6.       Sebuah elektron (Q = -1,6 x 10-19 C,  m = 9 x 10-31 Kg) bergerak dengan kecepatan 250 m/s ke arah BARAT. Ternyata elektron tersebut memasuki daerah bermedan magnet 600 mili Tesla yang arahnya ke ATAS. Kemanakah arah dan besar gaya magnetnya ?

7.       Hitung pula jarak jari jari putaran elekton tersebut !






8.       Sebuah kawat berarus 5 A berada pada daerah bermedan magnet dengan arah membentuk sudut 53o terhadap arah arus. Jika panjang kawat 100 meter dan besar medan magnet homogen sebesar 15 x 10­-5 Tesla, tentukan besar gaya yang dialami kawat tersebut !








9.       Dua buah kawat sejajar diberi arus masing masing 4 Ampere dan 9 Ampere dengan arah arus sama. Panjang kedua kawat 20 meter berjarak satu dengan lainnya sejauh 5 cm. Tentukan gaya apa yang terjadi di antara kedua kawat ?

Tentukan pula besar gaya yang dialami kawat tersebut ?






10.    Sebuah partikel bermuatan 0,01 Coulomb bergerak sejajar dengan kawat berarus 20A. Jika jarak partikel dengan kawat 5 cm, dan partikel tersebut melaju dengan kecepatan 40 m/s, tentukan gaya yang dialami partikel tersebut akibat medan magnet dari kawat berarus !







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut