Mengenai Saya

Foto saya
Teknik Elektro STT Telkom Bandung Mengajar di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi, Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika tahun 2011, Penulis buku Betmen Fisika

Senin, 13 Oktober 2014

TUGAS INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

Medan magnet bisa dihasilkan dari kawat berarus listrik, namun apakah sistem tersebut bisa diubah? listrik dihasilkan dari medan magnet ? Hal itu akan kita pelajari di bahasan Induksi Elektromagnetik.

Carilah informasi yang lengkap tentang induksi elektromagnetik di internet, dengan menjawab soal-soal berikut :

A. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fluks magnet ? Tuliskan rumus persamaan fluks magnet terhadap medan dan luas penampang kumparan !

B. Apa yang menyebabkan timbulnya GGL Induksi dalam kumparan ?

C. Tuliskan 5 (lima) contoh GGL Induksi yang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan teknologi terkini !

D. Soal Hitungan :
(1) Sebuah kumparan kawat dengan luas 100 cm2 terletak dalam medan magnetik yang induksi magnetiknya 3 x 10-6  Wb/m2. Jika garis normal bidang membentuk sudut 37o terhadap arah induksi magnetik B. Tentukan besarnya fluks magnetik yang dilingkupi kumparan kawat tersebut!

(2) Sebuah kumparan terdiri atas 6000 lilitan berada dalam medan magnetik. Apabila dalam kumparan terjadi perubahan fluks magnetik dari 12 mili Weber menjadi 4 mili Weber dalam waktu 0,05 detik, maka besar GGL induksi yang timbul pada ujung-ujung kumparan adalah.... Volt

(3) Sebuah kumparan 2000 lilitan dengan luas penampang  20 cm x 20 cm diputar dengan kecepatan 50 rad/s pada medan magnet 30 mili tesla. tentukan ggl induksi yang terjadi pada kumparan !

Kerjakan di kertas kerja kalian, tuliskan pula dengan lengkap alamat url website yang digunakan sebagai rujukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut