Mengenai Saya

Foto saya
Teknik Elektro STT Telkom Bandung Mengajar di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi, Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika tahun 2011, Penulis buku Betmen Fisika

Rabu, 15 Maret 2017

FLUIDA DINAMIS

Assalamu'alaikum wr, wb

Mari kita ungkap lagi masalah zat yang mengalir, yaitu FLUIDA. Namun kali ini fliida dinamis.

Fluida dinamis adalah fluida (bisa berupa zat cair, gas) yang bergerak. Untuk memudahkan dalam mempelajari, fluida disini dianggap steady (mempunyai kecepatan yang konstan terhadap waktu), tak termampatkan (tidak mengalami perubahan volume), tidak kental, tidak turbulen (tidak mengalami putaran-putaran). Bahasan pada fluida dinamis adalah Debit Fluida, Kontinuitas dan hukum Bernoulli.

•    Debit Fluida
Debit (Q) adalah volume fluida yang mengalir setiap satuan  waktu (t).
KONTINUITAS :

•    Hukum Bernoulli
Hukum Bernoulli mengatakan bahwa "Pada ketinggian yang kira-kira sama, tekanan lebih besar jika kecepatan alir fluida lebih kecil, sebaliknya tekanan lebih kecil jika kecepatan alir fluida lebih besar."
Pada gaya angkat pesawat terbang, dibandingkan tekanan dan kecepatan udara di atas permukaan sayap dengan di bawah permukaan sayap. Ketinggian kedua permukaan dianggap sama. sehingga :
Kecepatan alir udara di atas harus lebih besar dari permukaan bawah, agar gaya angkat di bawah lebih besar dari tekanan di permukaan atas sayap pesawat. Ini dimungkinkan dengan bentuk sayap pesawat yang membelokkan aliran udara di permukaan atas, sedang di permukaan bawah aliran udara cenderung tanpa hambatan.
•    Venturimeter

Pipa venturi merupakan sebuah pipa yang memiliki penampang bagian tengahnya lebih sempit dan diletakkan mendatar dengan dilengkapi pipa pengendali untuk mengetahui permukaan air yang ada sehingga besarnya tekanan dapat diperhitungkan.

Zat cair dialirkan melalui pipa yang penampangnya lebih besar lalu akan mengalir melalui pipa yang memiliki penampang yang lebih sempit, dengan demikian maka akan terjadi perubahan kecepatan.

Apabila kecepatan aliran yang melalui penampang lebih besar adalah v1 dan kecepatan aliran yang melalui pipa sempit adalah v2, maka kecepatan yang lewat pipa sempit akan memiliki laju yang lebih besar (v1 < v2).

Dengan cara demikian tekanan yang ada pada bagian pipa lebih sempit akan menjadi lebih kecil daripada tekanan pada bagian pipa yang berpenampang lebih besar. Lihat gambar di bawah ini.
dari dua persamaan di atas didapatkan hubungan kecepatan dengan beda tinggi permukaan venturimeter.

 •    Gerak Jatuh bebas Fluida

Ketika fluida jatuh bebas dengan sudut elevasi tertentu, berlaku hukum kekekalan energi mekanik dan gerak parabola.



EVALUASI PEMAHAMAN :

Untuk lebih memahami lagi konsep FLUIDA DINAMIS, silakan dijawab beberapa pertanyaan berikut !
Jawaban diketik dengan Ms.Word font Arial ukuran 11, persamaan matematika menggunakan equation, lalu diemailkan ke : ruddy.albayan@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut